Informasi dan Aplikasi tentang Smartphone Android

Cara Merekam Layar Android Menjadi Video

Cara Merekam Layar Android Menjadi Video -  Selamat siang kali ini saya akan memberikan tutorial android tentang bagaimana cara merekan layar android menjadi video. Pernahkan anda ingin merekam layar Android untuk dijadikan video tanpa root? jika ya mungkin ini kabar baik bagi anda karena aplikasi Mobizen memiliki banyak fitur salah satunya adalah screen video recorder HP Android yang akan disimpan dalam bentuk file mp4.
Aplikasi Mobizen memiliki beberapa fitur lain seperti transfer file dari Android ke PC atau sebaliknya dengan cara drag and drop, remote Android dari PC , screen mirroring sehingga kita bisa menjalankan ponsel dari laptop/komputer dengan mudah seperti Teamviewer dan yang terakhir adalah merekam layar Android sebagai video mp4 tanpa rooting.
Harap dicatat mungkin tidak semua device/merk HP support aplikasi ini, namun yang kami sudah tes dan berhasil adalah menggunakan Galaxy Grand 2 & LG L70 dengan OS Kitkat

Cara Merekam Layar Android Menjadi Video Dengan Mobizen Tanpa Root

Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang ingin merekam aktifitas layar ponsel Android sebagai video baik untuk keperluan sendiri maupun diupload ke YouTube, dan berikut panduan lengkapnya.
#1 Install dan Mengaktifkan Pertama Kali
  1. Download Mobizen dari Google Play Store (ukuran sekitar 18MB)
  2. Saat pertama kali menjalankan aplikasi anda harus centang pada terms and conditions / Privacy Policy kemudian pilih Next.
  3. Registrasi menggunakan akun email, masukan password yang diinginkan 2x kemudian Next.
  4. Akan diminta untuk install aplikasi tambahan sehingga nantinya dapat digunakan untuk menghubungkan HP ke PC via wifi, pilih cancel jika hanya ingin digunakan sebagai screen recorder dan pilih Installation jika nantinya ingin konek ke PC.
  5. Akan muncul tampilan layar tutorial, pilih tombol Next sampai muncul tombol Start Mobizen.
Setelah anda install dan jalankan maka akan tampil seperti gambar berikut ini. Pastikan ponsel anda sedang terkoneksi ke internet.


  • Tap pada ‘Accept the terms‘ kemudian pilih Next lalu pilih akun email yang akan digunakan untuk registrasi pertama kali.
  • Buat password sesuai yang anda inginkan lalu pilih Next. Jika muncul pop up peringatan untuk menginstall Additional engine anda bisa pilih Cancel atau Installation, karena fungsinya hanya jika ingin menghubungkan ke PC via Wifi. Mungkin tidak semua merk HP didukung untuk koneksi Wifi dalam contoh ini kami menggunakan Samsung Galaxy Grand 2.
  • Terakhir akan muncul halaman welcome atau petunjuk penggunaan pertama kali, geser terus sampai muncul ‘Start Mobizen’
 Jika sudah melakukan 5 langkah diatas maka aplikasi mobizen sudah aktif dan dapat digunakan untuk merekam aktifitas layar Android anda baik tablet maupun ponsel, dan berikut caranya.
#2 Merekam Video Aktifitas Layar HP Android
  1. Setelah aplikasi jalan, pilih icon kamera / Record screen.
  2. Akan muncul icon mobizen disisi layar ponsel, jika merasa posisinya mengganggu maka bisa dipindahkan ke bawah dengan cara tekan dan geser.
  3. Untuk mulai merekam pilih icon kamera (video) tersebut, jika proses perekaman sedang berjalan akan muncul notifikasi recording.
  4. Untuk menghentikan proses recording, pilih kembali icon kamera video tersebut dan tekan tanda kotak merah (stop)
  5. Selesai.
Jika merasa file yang dihasilkan terlalu besar maka anda bisa mengatur FPS, kualitas video yang dihasilkan, sound on/off dan lainnya melalui menu settings. Fitur ini hanya dapat dinikmati dengan OS minimal Android 4.2 dan setelah kami coba beberapa kali pada Kitkat hasilnya cukup memuaskan kecuali ukuran filenya saja yang terlalu besar karena memang kualitas video cukup tinggi.
File hasil rekaman mobizen akan disimpan di folder Mobizen – record atau anda bisa membukanya menggunanakn aplikasi video player yang ada pada HP Android.
Kesimpulan : Aplikasi mobizen adalah solusi bagi anda yang ingin merekam layar ponsel maupun tablet Android baik untuk membuat tutorial atau hanya ingin menyimpan ke dalam bentuk video saat anda memainkan sebuah game, gratis tanpa perlu root atau trik lainnya yang sulit dilakukan.

Terima kasih sudah berkunjung. Nantikan artikel menarik lainya hanya di Bakalandroid.com
loading...
0 Comments for "Cara Merekam Layar Android Menjadi Video"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back To Top